Penerapan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada Perusahaan Jasa Instalasi dan Kontruksi di Cicurug

Penulis

  • Ervina Rusdianto Universitas Nusa Putra
  • Resta Oktapiani Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Penerapan, Standar, Akuntansi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dalam penyusunan laporan keuangan. Laporan keuangan yang akurat dan konsisten sangat penting bagi perusahaan dalam mengkomunikasikan informasi keuangannya kepada pemangku kepentingan, seperti investor, kreditor, dan pihak terkait lainnya.

Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode pengumpulan data primer melalui wawancara dengan manajemen perusahaan serta observasi langsung terhadap praktik akuntansi yang dilakukan. Selain itu, kami juga menggunakan data sekunder berupa dokumen laporan keuangan dan peraturan SAK yang berlaku.

Hasil analisis menunjukkan bahwa laporan keuangan diperusahaan ini belum sepenuhnya menerapkan SAK secara konsisten dalam penyusunan laporan keuangannya masih terdapat beberapa ketidaksesuaian. Faktor-faktor penghambat dalam penerapan SAK di Perusahaan Instalasi dan  Konstruksi Cicurug  antara lain kurangnya pemahaman tentang  SAK oleh para pegawai dan kurangnya pelatihan atau sertifikasi terkait Standar Akuntansi Keungan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan agar meningkatkan pemahaman tentang SAK serta melakukan pelatihan atau sertifikasi bagi para pegawai terkait Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penyusunan laporan keuangan sehingga perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih akurat dan transparan kepada pemangku kepentingan.

 

Unduhan

Diterbitkan

05-09-2023