Pengaruh Tingkat Utang dan Ukuran Perusahaan Terhadap Persistensi Laba Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang Terdaftar di BEI

Penulis

  • Nisa Febriani Universitas Nusa Putra
  • Siti Azahra Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Tingkat Utang, Ukuran Perusahaan, Persistensi Laba

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah tingkat utang dan ukuran perusahaan dapat mempengaruhi persistensi laba pada perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2021-2022. Populasi perusahaan consumer non-cyclicals terdiri dari 120 perusahaan, metode yang digunakan dalam penentuan sampel yaitu metode purposive sampling dan diperoleh sampel yang termasuk ke dalam karakteristik sampel yaitu sebanyak 16 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yaitu analisis linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat utang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap persistensi laba, dan ukuran perusahaan juga tidak berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba. Tingkat utang dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara simultan terhadap persistensi laba. Maka dari itu, tingkat utang dan ukuran perusahaan tidak selalu menjadi faktor utama dalam memprediksi dan menjelaskan persistensi laba. Perusahaan dengan ukuran lebih besar atau lebih kecil tidak secara signifikan mempengaruhi perubahan laba dari waktu ke waktu.

Unduhan

Diterbitkan

05-09-2023